Bertempat di aula MTsN 1 Kota Blitar, Drs. H. Taufiq, M.M., Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Blitar, memberikan pembinaan pada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan pada Rabu,  6 Oktober 2021. Kehadiran beliau diikuti oleh tim  Evaluasi Lingkungan Pengendalian Penerapan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah). Acara dimulai tepat pada pukul 08.30 WIB setelah beliau memasuki  ruangan dengan dipandu oleh pembawa acara Esti Munafifah, M.Pd.

Menurut beliau, kegiatan Evaluasi Lingkungan Pengendalian Penerapan SPIP ini adalah kegiatan yang sangat penting. Pada intinya Kankemenag Kota Blitar akan menelaah, memverivikasi dari dekat untuk melihat persiapan satuan kerja jika sewaktu-waktu ada penilaian atau audit sudah siap. Pada dasarnya, masalah manajemen adalah masalah yang paling penting di lembaga pendidikan.  Proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol adalah yang menentukan keberhasilan seorang pimpinan. Dari latar belakang mana pun asalkan menjalankan manajemen dengan baik, maka akan menjadikan lembaga pendidikan semakin baik.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan, tentunya peran semua warga madrasah sangat dibutuhkan sehingga diperlukan pribadi yang taat pada pimpinan, selalu menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing, dan niat untuk berkhidmad kepada institusi. Jika semuanya berusaha denganserius dan  ikhlas dalam menjalankan tugasnya, visi dan misi madrasah akan tercapai.

Pesan yang disampaikan kepada pendidik, agar para pendidik tidak hanya menyampaikan ilmu sesuai dengan program pembelajaran yang dibuat, tetapi juga memberikan keteladanan dalam bersikap sehingga mampu membentuk pribadi yang saleh dan salehah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

“Selalu menjaga wudu selama mengajar, selalu mendoakan murid-muridnya agar ada benang merah atau ikatan batin antara murid dan guru. Ketika mereka  saling mendoakan, insya Allah ilmunya manfaat dan barokah,” ujar beliau. Keikhlasan guru dalam mengajar, keikhlasan siswa belajar, dan keikhlasan orang tua dalam menitipkan putra-putrinya ke madrasah sangat menunjang ketercapaian  tujuan pendidikan.

Sebagai apresiasi dari  Kantor Kementerian Agama, disisipkan juga acara penyerahan penghargaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi berdasarkan hasil evaluasi    yang dinilai dari unggahan kinerja selama kurun waktu  bulan Januari s.d. September 2021. Di antaranya adalah Drs. Agus Suwarsono, Dra. Binti Saidah, Retno Wulandari, S.Pd., Sri Utami, dan Dra. Hariyani. Semoga penghargaan ini menjadikan motivasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang lain untuk lebih meningkatkan kualitas kerjanya.

.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.