Pustakawan Kecil Mengikuti Kegiatan Layanan Bimbingan Pemustaka

Pustakawan Kecil Mengikuti Kegiatan Layanan Bimbingan Pemustaka

 

          Rabu, 26 oktober 2022 bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Blitar, siswa-siswi SMP se-Kota Blitar diberi layanan Bimbingan Pemustaka. Tak terkecuali, turut hadir pula siswa-siswi MTsN 1 Kota Blitar berjumlah tujuh siswa yang diambil dari kelas VIII. Bukan hal yang sulit untuk menentukan tujuh siswa karena Perpustakaan MTsN 1 Kota Blitar “Baitul Hikmah” sudah memiliki pustakawan kecil yang tergabung dalam grup WA. Hanya dengan mengirimkan undangan ke grup WA perpustakaan, sambutan langsung bermunculan dari Puscil untuk mendaftar sehingga hanya dalam hitungan menit kuota tujuh siswa sudah terpenuhi.
          Pertanyaan-pertanyaan bermunculan terkait pemberangkatan dan penjemputan. Hariyani, selaku Pembina literasi di perpustakaan memberikan penjelasan bahwa Surat Tugas sudah dibuatkan, sehingga anak-anak tidak perlu khawatir karena dispensasi sudah diberikan untuk kegiatan pembelajaran hari ini. Dengan demikian mereka bisa langsung diantar ke tempat kegiatan dan sekaligus dijemput setelah acara selesai. Karena undangan hanya diperuntukkan siswa, maka guru pun tidak perlu mengikuti kegiatan sebagai pendamping.         

          Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini terbukti dengan beraninya mereka tampil menjawab pertanyaan dari pemateri sehingga mendapatkan bingkisan karena tercepat memberikan jawaban dan benar sesuai dengan yang diharapkan pemateri. Selain itu, ketika diminta untuk menceritakan semua proses pemberian materi layanan bimbingan pemustaka, Aamaalu Shifa dapat menceritakan dengan lancar dan jelas sehingga mendapatkan bingkisan buku.


          Adalah sebuah pengalaman yang tak terlupakan menurut mereka karena ilmu yang didapat dan mendapat teman baru dari sekolah lain yang menyenangkan. “Iya, Bu, seru banget, selain dapat ilmu juga dapat temen baru yang asyik. Seneng banget bisa ikut pembinaan hari ini, “ tutur Intan permata. Terima kasih diucapkan untuk anak-anak yang bisa mengangkat nama sekolah dengan predikat yng diraih hari ini.