UPACARA SUMPAH PEMUDA 2022


Kota Blitar – Sumpah Pemuda adalah momen kebangkitan bangsa Indonesia dalam rasa nasionalisme. Bangsa Indonesia kian sadar bahwa hanya dengan persatuanlah bangsa Indonesia mampu serentak maju menyongsong kemerdekaan. Semangat Sumpah Pemuda mewarnai bangsa Indonesia dari masa ke masa yang diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

Semangat Sumpah Pemuda juga hadir dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 di MTs Negeri 1 Kota Blitar. Seluruh jajaran guru, karyawan dan siswa MTs Negeri 1 Kota Blitar mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda secara khidmat. Upacara yang diselenggarakan di lapangan basket tersebut dipimpin oleh Kepala MTs Negeri 1 Kota Blitar, Hj. Aniqotuz Zuhro, S.Ag., M.Pd.I. sedangkan para siswi kelas IX I sebagai petugas upacara.

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Ibu Kepala Madrasah. Yang pertama, bulan Oktober 2022 memiliki beberapa agenda penting yang antara lain adalah Hari Kesaktian Pancasila, Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Santri Nasional dan Hari Sumpah Pemuda. Kedua, tentang pentingnya meningkatkan taat kepada Allah SWT dan berbakti kepada orang tua. Dan ketiga, beliau mengingatkan agar seluruh siswa tetap menaati aturan yang ada di sekolah.

Dalam kegiatan upacara tersebut juga diselingi dengan penyerahan piala dari Kejuaran Pramuka tingkat Jawa Timur. MTs Negeri 1 Kota Blitar menyabet berbagai penghargaan individu maupun kelompok sehingga dinobatkan sebagai juara harapan III atau peringkat ke-6 dari total 38 kota/kabupaten peserta. Penyerahan trofi dilakukan oleh ibu kepala madrasah dengan disaksikan oleh seluruh peserta upacara.

-Saiful Rokib-